Wednesday, April 15, 2020

Cara Penyemaikan Bibit Jahe Merah

bibit semai jahe merah
www.bibitjahemerajdjogja.blogspot.com
www.bibitjahemerahdjogja.blogspot.com
Jahe merah adalah sejenis rimpang yang memang berasal dari tumbuhan, rimpangnya berbentuk seperti tanduk rusa sehingga disebut sebagai jahe merah. Menurut Orang Yunani nama Jahe diberikan karna bentuknya yang seperti tanduk rusa. Daun jahe tebal 5 cm menter dan panjang 20=25 cm. Jahe merah memiliki khasiat alami sebagai penghangat badan. Penyajian yang sering digemari masyarakat Indonesia adah diseduh menjadi wedang Jahe.
            Namun pada kali ini kita akan membahas tentang tata cara penyemaian bibit supaya dapat tumbuh dan menjadi cikal bibit baru yang subur. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1)      Memilih rimpang jahe merah yang berumur kisaran 9-12 bulan sebagai cikal bibit.
2)      Memotong rimpang jahe menjadi agak kecil-kecil
3)      Gemburkan tanah dengan dicangkul serta tanah campuri sekam
4)      Semai bibit jahe merah, lalu disirami dengan air setiap pagi dan sore setiap hari, kecuali turun hujan
5)      Tunggu selama 1-4 minggu makan akan muncul bibit tunas baru.
6)      Setelah itu, pindah bibit di polibeg
7)      Atau langsung ditanam dimendia tanah atau polibeg
            Setelah bibit semai jahe mrah berumur ¾ minggu, bibit harus segera di pindahkan ke dalam polibeg, satu persatu tunas, kemudian bibit yang sudah ada dipolibeg dapat dibiarkan terlbih dahulu selama satu bulan. Bibit semai siap di pindahkan ke lahan yang akan ditanami jahe.
            Perlu diperhatikan, pemanam setelah pembibitan harus rajin dan teliti. Bibt jahe merah yang sudah berumur sekira 4 bulan di tanah harus diberi pupuk, walau menggunakan pupuk kompos, juga dapat menggunakan pupuk kandang.  Jahe yang bagus adalah yang berumur 9-12 bulan untuk di panen.
            Semoga kita dapat bertanam jahe merah dan mau belajar dengan segala kelebihan dan kekurangan jahe, sehingga kita dapat menganalisis apa saja kelebihan dan kekurangannya. Sehingga bertanam jahe akan mengalami peningkatan.
            Musim tanam Jahe yang bagus
Menanam jahe yang bagus adalah ketika musim hujan. Karena dimusim penghujan jahe lebih bagus mememrlukan air. Perlu diingat ketika menanam jahe pada musim kemarau, kita harus memiliki daerah yang dekat dengan air.  


1 comment:


  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete

Cara budidaya Jahe Merah dalam Polybeg

          www.bibitjahemerahdjogja.blogspot.com Akhir-akhir ini pencarian dan daya konsumsi jahe merah di Indonesia memiliki rasio pen...