Thursday, April 16, 2020

Cara pengiriman Jahe merah

cara pengiriman jahe merah
www.bibitjahemerahdjogja.blogspot.com

Jahe merah termasuk jenis rimpang yang dapat bertahan kurang lebih selama 1/2 minggu semenjak dipanen. Jahe tidak boleh basah, harus dikeringkan minimal selama satu atau dua hari. Karna pada pangkal bekas batang jahe akan membusuk apabila tidak segera dikeringkan jahenya. Jahe yang bagus adalah yang berumur sekitar 9-12 bulan.
            Jahe berbentuk rimpanglah yang dapat bertahan selama dua minggu, maka pemesanan pembeliaan jahe merah sangat praktis apabila dikirim melalui ekspedisi-ekspedisi yang ada di Indonesia. Ekspedisi-ekspedisi di Indonesia sekarang sudah menjamur, bahkan di sudut-sudut kota kecil.
Cara memeking membugkus jahe merah tergantung jarak pengiriman, kalau hannya sebatas ketemuan atau COD (cas on delivery) bisa dibungkus menggunakan kantong plastik. Kantong plastik yang besar biasa hanya muat jahe 6-7 kg.   Jikalau jarak pengiriman masih satu provinsi atau di luar provinsi maka harus menggunakan media karung atau kardus.
Alat-alat yang harus dipersiapkan untuk membungkus jahe merah adalah sebagai berikut:
1). Karung, kardus
2). Spidol, stipx
3). Timbangan
4). Isolatif, pisau, nota
            Untuk pengiriman dalam atau luar daerah biasanya menggunakan jasa cargo, atau disebut ekpedisi. Pengiriman paling lambat barang sampai sekitar 2/3 hari jika tidak ada halangan dijalan. Jasa ekspedisi akan mempermdah pengiriman, setelah semua alamat customer lengkap, dan jahe akan sampai ke tempat tujuan. Pengiriman melalui jasa cargo sangat efektis untu mendukung pengiriman yang efisien.

No comments:

Post a Comment

Cara budidaya Jahe Merah dalam Polybeg

          www.bibitjahemerahdjogja.blogspot.com Akhir-akhir ini pencarian dan daya konsumsi jahe merah di Indonesia memiliki rasio pen...