Sunday, April 5, 2020

Mengenal Jenis-Jenis Tanaman Jahe


Tanamanjahe ( zingiber officinale) adalah tanaman sejenis rimpang yang dapat  digunakan sebagai bahan obat-obatan yang secara umum dikonsumsi oleh mayarakat Indonesia. Sebagai negara agraris,  jahe banyak ditemukan di semua wilayah di Indonesia. Jahe miliki beragam kasiat sebagai bahan penghangat badan. Jahe juga memiliki beragam jenis nama tanaman ini, seperti  jahe emprit, jahe merah, jahe gajah, dan jahe bule.
bibit jahe merah jogja
www.bibitjahemerahjogja.blogspot.com
            Jahe emprit merupakan salah satu varietas jahe lokal di Indonesia. jahe ini lebih dikenal dengan sebutan jahe putih atau jahe sunti. Nama ilmiah jahe ini adalah zingiber officinale var. rimpang jahe emprit memiliki tekstur yang lebih lembut daripada jenis jahe-jahe yang lainnya. jahe ini banyak digunak sebagai jamu, wedang jahe, dan sebagai bahan pelengkap masakan oleh masyarakat di Indonesia.
bibit jahe merah jogja
www.bibitjahemerahjogja.blogspot.com
            Jahe merah adalah jenis tanaman rimpang yang paling populer diantara jahe-jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki jenis rimpang yang lebih besar daripada jahe emprit. Jahe merah memiliki tekstur warna yang lebih dominan merah, memiliki rasa yang paling pedas dan memiliki kandungan minyak atsiri. Jahe ini biasanya dijadikan bahan obat-obatan, dan kasiatnya yang sangat besar sebagai obat dan peningkat imun tubuh, serta membantu meredakan batuk, filek dan demam.
           
bibit jahe merah jogja
www.bibitjahemerahjogja.blogspot.com
Jahe Gajah
            Jahe gajah adalah jenis dari keluarga jahe, namun tekstur dari gajah sangat besar dari pada jahe-jahe lainnya. Jahe gajah teksturnya lebih besar dan berwarna putih, sedangkan jahe gajah tidak sepedas jahe merah. Jahe gajah biasanya banyak ditemukan di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia.
           
bibit jahe merah jogja
www/bibijahemerahjogja.blogspot.com
Jahe Bule Merah
            jahe bule merah adalah jahe merah yang masih muda yang sudah di panen, biasanya baru berumur 6-8 bulanan.nah untuk jahe ini sebenarnya termasuk jahe merah, namun belum waktunya di panen akan tetapi sudah di panen dini. Sepatutnya rimpang jahe yang bagus untuk dipanen rata-rata berumur 12-14 bulan, semakin tua jahe maka akan semakin bagus kualitasnya.
nah ini adalah gambaran beragam jenis-jenis dari tanaman jahe. secara harfiah jahe memiliki kandungan imun yang bagus untuk tubuh. tiga jenis bentuk jahe. Secara kualitas semuanya memiliki manfaat yang sama, untuk mengahatkan badan dan sebagai bahan obat-obatan yang sering digunakan oleh masyarakat di Indonesia.   


No comments:

Post a Comment

Cara budidaya Jahe Merah dalam Polybeg

          www.bibitjahemerahdjogja.blogspot.com Akhir-akhir ini pencarian dan daya konsumsi jahe merah di Indonesia memiliki rasio pen...