Monday, April 6, 2020

Ciri-ciri Jahe Merah

www.bibitjahemerahjogja.blogspot.com
ciri-ciri jahe merah
www.bibitjahemerahjogja.blogspot.com

Jahemerah adalah sejenis tanaman jahe yang baru-baru ini sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia. Terutama ketika adanya pendemi virus corona asal kota Wuhan China yang memasuki di negara ini. dipercaya oleh berbagai kalangan bahwa jahe merah dapat meningkatkan ketahan tubuh dari segala gangguan penyakit yang diakibatkan oleh sebaran virus, seperti virus flue batuk filek. karna fungsi jahe merah yang dapat menghangatkan badan serta dapat melegakan tenggorokan maka kasiat dari jahe ini sangat digemari oleh semua kalangan masyarakat. sehingga dirasa perlu untuk mengenali dari ciri-ciri dari jenis jahe merah ini.
Jahe merah yang beranama latin zingiber officinalIe var adalah sejenis tumbuhan yang berbentuk rimpang seperti jari yang menggelembung di tengah ruas-ruas rimpang. red ginger dalam bahas Inggris memiliki batang semu yang tumbuh tinggi kisaran 30cm-sampai 1 meter. biasanya dapat tumbuh di daerah yang beriklim tropis dengan cuaca 30 derajat celcius. jahe dapat disemai melalui pembibitan alami.
Warna dari jahe merah adalah merah darah, biasanya kalau sudah berumur sekitar 12-14 bulan akan berubah menjadi hitam. Jahe merah memiliki aroma yang lebih meyengat, dan tekstur daging agak keras dibanding jahe-jahe lainnya. jahe ini pada umumnya lebih digunakan sebagai bahan-bahan obat kesehatan.
Jahe merah biasanya dijadikan obat-obatan yang dipercaya sangat manjur dapat menyebuhkan berbagai penyakit, bahkan jahe merah dapat diminum sebagai pelancar menstruasi, gangguan lemah sahwat, batuk filek, pegal linu, asam lambung, dan penghilang batuk berdahak.
Rimpang jahe merah yang bagus untuk dikonsumsi atau akan ditanam rata-rata berumur 9-12 bulan, dikisaran umur itu rmpang jahe sudah kelihatan merah merona. jahe berciri merah padat dan tidak ada warna putih dalam tubuh jahe. Jahe pada umunya dapat bertahan sekitar 2/4 minggu. lebih baiknya jahe dijadikan bentuk serbuk apabila akan digunakan dalam waktu yang lama. caranya jahe dikeringkan dan dihaluskan supaya dapat digunakan lebih lama.
Tanaman jahe yang bagus biasanya berasal dari daerah sumatra, seperti Medan, Jambi, Lampung dan yang lainnya. Namun petani jahe merah di Jawa Tengah juga ada yang bagus menghasilkan rimpnag jahenya, biasanya dari daerah Temanggung. Jahe kaya akan minyak atisiri. Efek meminumnya akan merasakan pedas dalam tenggorokan namun melegakan dan mengeluarkan dahak dalam tubuh. (bibitjahemerahjogja.blogspot.com)


1 comment:

  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    ReplyDelete

Cara budidaya Jahe Merah dalam Polybeg

          www.bibitjahemerahdjogja.blogspot.com Akhir-akhir ini pencarian dan daya konsumsi jahe merah di Indonesia memiliki rasio pen...